Rabu, 30 Mac 2011

BERLATIH JADI PEMIMPIN DIRI SENDIRI


Memimpin orang lain, biasanya lebih sulit dilakukan. Kerana itu, tidak semua orang berhasil melakukannya. Akan tetapi, memimpin diri sendiri ternyata jauh lebih sulit dibandingkan memimpin orang lain. Seseorang pasti saja memimpin orang lain dan juga masyarakat sekeliling dengan menjadi para pembesar atau wakil rakyat dan sebagai nya. Namun, belum tentu ia berhasil memimpin dirinya sendiri.
PERCAYAKAH KITA?
Mulailah dari diri sendiri! Pesan ini begitu mulia. Sebelum kita HEBOH HEBOH dengan urusan orang –yang belum tentu orang itu merasa suka kita urus- lebih baik kita mengurus diri sendiri dulu. Sebelum kita melihat-lihat kesalahan orang lain, sangat baik kita melihat kesalahan diri kita sendiri dulu. Sebelum kita memperbaiki orang lain, lebih baik kita perbaiki diri kita sendiri dulu.
Ada hadits lain yang sesuai dikaitkan dengan hadits di atas, “Setiap kalian adalah pemimpin dan setiap kalian akan ditanyai tentang kepemimpinannya.” (Riwayat Muslim). Kaitannya? Sebelum memimpin orang lain, seharusnya kita bisa memimpin diri sendiri dulu.
Kenyataannya, banyak orang yang ingin menjadi pemimpin, tetapi tidak banyak yang menyedari bahawa, untuk memimpin orang lain, seseorang terlebih dahulu harus terampil dalam memimpin diri sendiri.
Sebenarnya tidak mungkin ditolak, entah kita jadi pemimpin orang lain atau tidak, kita pasti telah menjadi pemimpin diri sendiri. Nah, sangat baik, kalau kepemimpinan untuk diri sendiri ini kita sukseskan dulu, agar peranan kita, hidup kita meningkat.
Ya Allah, tunjukkanlah jalan keluar dalam apa jua situasi melibatkan diriku mahupun sahabat2 insyaAllaah amin Ya Rabb.....................
Wallahu a'lamu bi al-shawab......petikan ehsan dari sahabatku "

1 ulasan: